Sosialisasikan Empat Pilar Fodasi Ideologi Bangsa Melalui LCC

SUKABUMI – Pentingnya pemahaman empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, membuat Desy Ratnasari memutar otak dalam memilih formula agar materi seputar Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bisa tersampaikan dan diterima.
Bertempat di salah satu hotel di Kota Sukabumi, Desy yang merupakan Anggota DPR RI dari Komisi VIII memilih cara berbeda yakni mengadakan lomba cerdas cermat (LCC) bagi para pelajar tingkat SMA sederajat. “Hal ini agar lebih efektif serta lebih mudah dipahami oleh pelajar. Alhamdulillah hasilnya semua pelajar begitu antusias mengikutinya,” tuturnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (18/11).
Kegiatan tersebut diharapkan dapat memudahkan dalam memahami kerangka berbangsa dan bernegara. Sebelum kegiatan LCC dimulai, Anggota DPR RI dari Fraksi PAN ini memberikan penjelasan kepada para siswa/siswi peserta LCC terkait pentingnya membangun fondasi ideologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Pentingnya membangun fondasi bangsa lewat empat pilar berbangsa dan bernegara, terutama kepada para penerus bangsa ini yaitu para pelajar,” terang Teh Desy sapaan akrab Desy Ratnasari.
Wanita yang dijuluki melati Sukabumi ini menambahkan, ideologi tersebut sebagai bekal awal bagi para calon pemimpin di masa depan. Tujuan mensosialisasikan lewat LCC, dapat mengetahui tingkat pemahaman pelajar dalam memahami kehidupan berbangsa dan bernegara lewat pendidikan di sekolahnya masing-masing. Pasalnya, sekolah menjadi pemberi pemahaman pertama tentang empat pilar berbangsa dan bernegara.
“Kami akan kupas tuntas, pemahaman setiap pelajar tentang wawasan kebangsaan yang mereka ketahui lewat pendidikan di sekolanya,” tuturnya yang juga merupakan dosen di salah satu universitas di Jakarta.
Pemahaman pelajar dibongkar melalui pertanyaan-pertanyaan kepada para peserta yang mengikuti LCC empat pilar berbangsa dan bernegara. Semua ini dilakukan, sebagai salah satu cara untuk menanamkan pemahaman dan pengetahuan lebih mendalam.
Sambil bermain, semua pelajar dapat belajar sesuatu yang sangat penting. “Saya ingin mencoba menerapkan kepada para pelajar, bermain sambil belajar agar mereka dapat memahami secara utuh, ya untuk bermain sambil belajar cerdas,” papar Desy.
Ia juga juga menambahkan, kegiatan pencapaian materi melalui LCC dapat semakin meningkatkan kemampuan setiap pelajar dari setiap sekolah yang ada di Sukabumi. Juara dari LCC tingkat SMA/SMK di Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi tersebut, akan dilombakan kembali antar kecamatan se-Kota Sukabumi.
“Sekolah yang juara, kami akan lombakan kembali agar mereka memiliki semangat untuk terus menggali pemahaman tentang empat pilar berbangsa dan bernegara,” tambahnya.
Ia jua berharap, agenda seperti ini dapat lebih mudah dipahami oleh setiap pelajar Kota Sukabumi. Pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa, harus mampu memahami serta merealisasikan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam aktivitas sehari-hari.
“Semua pelajar di Kota Sukabumi dapat merealisasikan pengetahuannya di kehidupan sehari-hari, terutama dalam bergaul sesama pelajar,” harapnya.
Sementara itu, sekolah yang ikut serta dalam kegiatan tersebut di antaranya yaitu SMA Hayatan Thayyibah, SMK Komputer Abdi Bangsa, MA Syamsul Ulum dan SMK Ulul Albab. Peserta yang hadir perwakilan dari setiap sekolah kurang lebih 50 orang. Untuk juara LCC, dimenangkan oleh SMA Hayatan Thayyibah, Juara II SMK Ulul Albab dan juara III dimenangkan oleh MA Syamsul Ulum Kota Sukabumi. (cr5/d)



#radarsukabumi

Related

KOTA SUKABUMI 6505018446192807918

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item