Naik 100 Persen, Kasus HIV di Sukabumi Semakin Meningkat

POJOKJABAR,com, CIKOLE – Kasus HIV/AIDS di Kota Sukabumi terus menggurita. Menurut data yang diperoleh dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi mencatat, kasus HIV mengalami kenaikan hingga 100 persen dibanding 2014. Sekretaris KPA Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya mengungkapkan, dalam kurun waktu Januari hingga akhir September 2015, tercatat ada 116 kasus baru penderita HIV/AIDS. Sementara pada 2014, tercatat ada 110 kasus. Diperkirakan, perkembangan HIV/AIDS ini akan terus ada penambahan dan kenaikan antara 80 sampai 100 persen setiap tahunnya.
“Temuan baru tersebut semakin menambah daftar panjang orang yang menderita HIV/AIDS di Kota Sukabumi. Adapun jumlah kasus temuan HIV/AIDS di Kota Sukabumi secara total sejak pertama kali ditemukan tahun 2000 hingga akhir September, telah mencapai 943 kasus,” kata Fifi.
Sedangkan berdasarkan sisi jenis kelamin, sebanyak 45 persen di antaranya adalah penderita perempuan dan 55 persen penderita sisanya adalah pria.
Menurut Fifi, untuk menekan kasus baru, pihaknya akan bekerja sama dengan unit donor darah PMI dalam melakukan screening kantong darah untuk mengetahui atau mendeteksi penduduk tersebut terinfeksi HIV/AIDS atau tidak.
Selain itu, berbagai cara seperti melakukan pendampingan dan sosialisasi tentang bahaya penyakit HIV/AIDS secara maksimal kepada masyarakat, baik umum maupun yang berisiko tinggi. Sosialisasi dan pendampingan dilakukan dengan lembaga terkait, seperti LSM, kepolisian, dan lainnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, melalui Kasi Dalkit P2PL Dinkes Kota Sukabumi, Irma Agustrina mengatakan, tren kasus baru HIV tahun ini sudah beralih ke populasi umum. Banyak ibu rumah tangga (IRT) yang ditemukan positif, sampai September ada 35 IRT, tujuh di antaranya ibu hamil. “Kami memang sekarang sedang gencar pemeriksaan HIV pada ibu hamil yang datang ke layanan, mereka kita anjurkan untuk memeriksakan HIV-nya,” jelasnya.
Selain pada populasi umum banyak ditemukan kasus baru, pihaknya juga menemukan banyak kasus baru pada populasi kunci kelompok lelaki seks lelaki (LSL). Kasus LSL meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Dengan adanya pemetaan LSL yang dilakukan KPA, ini memudahkan kami untuk mengintervensi untuk layanan pengobatannya. (wdy)



#radarsukabumi

Related

KOTA SUKABUMI 3379014615617406328

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item