Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki, Sopir Inisiatif Perbaiki Jalan Sendiri



PALABUHANRATU – Kondisi jalan utama yang biasa digunakan masyarakat sebagai akses transportasi untuk membawa hasil bumi, rusak berat. Selama lima tahun, Pemerintah Kabupaten Sukabumi belum memperbaiki kerusakan jalan alternatif tersebut.
Kerusakan jalan lintasan sepanjang 3 kilometer dengan lebar 2,5 meter itu, merupakan akses jalan alternatif bagi masyarakat Desa Gandasoli dan Cireundang, Kecamatan Cikakak yang menghubungkan dengan Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu.
Guna menghindari keterlambatan pengangkutan hasil bumi ke luar kota, masyarakat dua desa itu kerap kali memperbaiki jalan rusak secara swadaya. Mereka melakukan perbaikan jalan dengan cara menggali tanah kemudian menambal dengan batu belah agar jalan tidak licin saat turun hujan.
“Setahun dua kali para sopir memperbaiki jalan rusak ini. Kalau tidak diperbaiki oleh kami, siapa yang mau peduli. Sementara Pemkab Sukabumi dan perangkat desa, hanya berwacana saja akan memperbaiki jalan alternatif ini,” ungkap Cepi Ajuk (30) salah satu sopir asal Kampung Pasir Panjang, Desa Cireundang, Kecamatan Cikakak, di sela-sela memperbaiki jalan alternatif tersebut.
Dana untuk perbaikan jalan kata Cepi, hasil iuran dari para sopir yang sering menggunakan jalan alternatif menghubungkan antara Desa Gandasoli dan Cireundang dengan Desa Cimanggu. “Ini merupakan inisiatif para sopir. Karena jalan ini adalah akses utama bagi pemilik kendaraan yang membawa hasil bumi ke luar kota,” bebernya.
Ece (28) sopir lainnya mengaku, perbaikan jalan yang sudah tak beraspal ini memasuki tahun ketiga. Tenaga dan modal untuk perbaikan berasal dari para sopir yang peduli terhadap kondisi jalan alternatif. “Jalan merupakan akses utama bagi para sopir yang akan membawa hasil bumi. Jika akses ini dibiarkan rusak parah, bisa menghambat laju roda perekonomian masyarakat yang rata-rata sebagai petani,” ucapnya. (cr3/t)
 
 


#radarsukabumi.com

Related

KOTA DAN KABUPATEN 1387986033129838642

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item