Bandros ATTA, Kuliner Khas Sukabumi yang Melegenda



Sebagai kota kecil yang terletak di selatan Jawa Barat, Sukabumi menawarkan pesona yang tidak kalah dari kota-kota lainnya. Udara yang sejuk dan asri, menjadikan kota ini nyaman dijadikan tempat singgah atau berburu kuliner. Salah satu kuliner yang wajib dicicipi ketika datang ke kota ini adalah bandros.

Bandros merupakan kue yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Bagi warga Sukabumi, nama Bandros ATTA mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Nama Bandros ATTA sendiri diambil dari nama penjualnya pada saat itu, yaitu Mbah Ata. Kuliner khas yang melegenda ini menjadi salah satu makanan yang paling diburu oleh para pecinta kuliner di Sukabumi.

Bandros ATTA terletak di Jalan Gudang No. 4, sebelum lampu merah perempatan menuju Jalan Baros. Keunikan Bandros ATTA ini adalah cita rasa khas dari resep yang diwariskan secara turun temurun sejak pertama kali bandros ini dijual pada tahun 1973.

Spanduk Bandros ATTA penanda lokasi jualan.
Spanduk Bandros ATTA penanda lokasi jualan.


Selain cita rasa bandros yang khas, keunikan lain dari bandros ini terletak pada konsep tempat berjualannya. Bandros ini tidak dijual di kedai atau warung sebagaimana penjual bandros lainnya, melainkan hanya dijual di area trotoar depan toko makanan. Meskipun tidak menawarkan kenyamanan tempat, bandros ini tetap dijejali pembeli yang kebanyakan merupakan pelanggan setia sejak dahulu.

Saat ini penjual Bandros ATTA merupakan penjual generasi ketiga dari Mbah ATTA. Tidak pernah kurang dari seratus pembeli datang untuk menikmati bandros ini setiap harinya. Ramainya pengunjung sudah pasti membuat pembeli harus rela mengantri cukup lama. Jika hari kerja, biasanya pembeli harus menunggu selama setengah sampai satu jam. Namun jika menjelang weekend dan hari libur, pembeli harus bersabar menunggu lebih lama dari itu.

Menu bandros yang ditawarkan bermacam-macam, seperti bandros rasa vanilla, cokelat, strawberi dan keju. Bandros ATTA juga menjual beberapa minuman sebagai pelengkap kudapan, seperti teh, kopi, susu, air jeruk, dan stmj. Selain bandros, menu yang menjadi best seller di tempat ini adalah telur ayam kampung setengah matang yang disajikan dengan garam dan merica. Menu ini menjadi menu kedua yang paling banyak dipesan setelah bandros.

Untuk menikmati Bandros ATTA, pembeli tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak, karena menu yang disajikan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk bandros aneka rasa dijual dengan harga Rp 8.000,00 per porsinya, kecuali rasa keju yang dijual seharga Rp. 10.000,00. Harga untuk minuman juga relatif murah, yaitu kisaran Rp 3.000,00- Rp 8.000,00. Sedangkan untuk menu special telur ayam kampung setengah matang, pembeli cukup membayar Rp 6.000,00 saja.

Bagi wisatawan atau para pecinta kuliner yang kebetulan singgah di kota ini, baiknya Anda tidak melewatkan kenikmatan Bandros ATTA yang melegenda. Anda dapat memburu bandros ini mulai pukul 08.30 malam sampai 06.00 pagi setiap harinya. Jangan lupa, ajak keluarga atau teman-teman terdekat untuk menikmati kudapan ini bersama-sama


Related

KULINER 802132159126677270

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item