4.452 Atlet Ikuti Porpemda XI Jabar

SUKABUMI – Ribuan atlet pegawai negeri sipil (PNS) se-Jawa Barat (Jabar) tumplek di Kota Sukabumi, kemarin (18/11). Kedatangan mereka bukan untuk berleha-leha, melainkan ikut bertanding mewakili daerahnya masing-masing dalam Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) Jabar ke-XI. Porpemda kali ini, dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Jabar, Irfan Suryanegara di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, kemarin (18/11). Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Sukabumi M Muraz dan Wakilnya Achmad Fahmi serta jajaran.
Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar menekankan esensi dari Porpemda kali ini tidak hanya sebagai ajang olahraga seremonial belaka, tapi wahana meningkatkan sinergitas pemerintah kota/kabupaten dan Provinsi Jabar. Olahraga yang mencerminkan dan mengutamakan nilai-nilai sportivitas, semangat juang dan ketangguhan tersebut bisa diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari.
“Nilai-nilai olahraga harus tertanam dalam jiwa para PNS di lingkungan Jabar,” kata Deddy Mizwar kepada Radar Sukabumi yang ditemui di sela-sela pembukaan Porpemda ke-XI di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi.
Sikap pantang menyerah yang dilakukan di lapangan saat bertanding, lanjut Deddy, harus menjadi dasar PNS dalam bekerja melayani masyarakat. Selain itu, dengan olahraga, otomatis jasmani pun semakin kuat dan sehat. Maka akan berimbas kepada produktivitas pelayanan publik pun akan terus meningkat. “Ini yang kita harapkan muncul spirit dari Porpemda kali ini,” jelasnya.
Di samping itu, dikirimnya atlet Jabar sebanyak 40 atlet dari 45 atlet Indonesia yang dikirimkan ke Asean Civil Service Games 2015 di Malaysia. Itu menandakan kehidupan berolahraga di lingkungan PNS Jabar sudah baik, dan mampu berprestasi. “Bukannya hanya untuk membangun sinergitas antar-PNS, tapi mampu memberikan prestasi yang membanggakan. Perwakilan atlet Indonesia didominasi oleh atlet PNS Jabar,” tegasnya.
Logo Porpemda brSementara itu, Walikota Sukabumi M. Muraz mengatakan, sekarang ini pemerintah berupaya keras untuk meningkatkan kualitas aparatur sipil negara (ASN) agar berkompeten sebagai agen terdepan dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai kehidupan.
Selain memiliki kompetensi akademis, PNS yang juga melayani masyarakat harus mempunyai soft skill berupa kemampuan untuk berempati, bekerja sama, berdisiplin dan sabar dalam melayani. “Nah, Porpemda kali ini salah satu media untuk meningkatkan soft skill para aparatur sipil negara,” ucap Muraz.
Ia menambahkan tujuan utama penyelenggaraan Porpemda tidak berorientasi pada prestasi tetapi lebih pada peningkatan tali silaturahmi antar sesama ASN. Juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya berolahraga secara teratur, sehingga mampu meningkatkan kualitas kebugaran pegawai. “Para PNS harus menanamkan nilai-nilai luhur olahraga, sehingga dapat terintegrasi dalam kehidupan pelayanan sehari-hari,” jelasnya.
Baca Juga :
SEMARAK PORPEMDA KE-XI TINGKAT JAWABARAT
Melihat begitu pentingnya penyelenggaraan Porpemda ini, Muraz mengaku gembira sekaligus bangga lantaran menjadi tuan rumah Porpemda ke-XI. Meski dirinya tak memungkiri dengan berbagai keterbatasan dalam fasilitas sarana olahraga, ketersediaan hotel dan penginapan. Namun, pihaknya akan berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta dari penjuru Jabar. “Semangat untuk melayani dengan sebaik-baiknya inilah yang menjadi tujuan kami selaku tuan rumah,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Porpemda ke-XI, Hanafie Zain mengatakan, ajang olahraga tahunan untuk kalangan PNS tersebut diikuti oleh 27 kota/kabupaten dan satu Provinsi Jabar. Mempertandingkan sebanyak 13 cabang olahraga (cabor), terdiri dari biliar, bola voli, bola basket, bulu tangkis, futsal, catur, golf, gerak jalan, tenis lapangan, tenis meja, senam Jumsihat, hadang dan terumpah.
“Total atlet sebanyak 4.452 orang, pelatih 532 orang, ofisial 360 orang jadi totalnya sebanyak 5.348 orang. Dengan memperebutkan medali emas 35, perak 36 dan perunggu 43,” ujarnya.
Hanafie menambahkan, pemerintah Kota Sukabumi sudah menyiapkan 12 vanue di antaranya cabor bola basket di GOR Lapang Merdeka, bulu tangkis di GOR Suryakencana, bola voli di GOR Outdor Setukpa, billiar di Nine Ball Capitol, catur di Gedung Serbaguna Toserba Selamat, futsal di GOR Futsal Liverpool, gerak jalan di Lapang Merdeka, tenis lapangan di Setukpa, Bunut dan Kodim 0607, tenis meja di GOR serbaguna SMAN 1, senam Jumsihat 2 di Gedung Korpri, hadang/ galasin di Gedung Juang 45 dan terumpah panjang di Stadion Suryakencana. “Kita berupaya untuk menyiapkan dan melayani kontingen semaksimal mungkin,” pungkasnya. (bal/t)


#radarsukabumi.com

Related

KOTA SUKABUMI 8173373985092118421

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item